Bersiap Menyambut Pekan Kewirausahaan Nasional 2017

Bandung, September 2017. Dalam rangka menyambut Pekan Kewirausahaan Nasional (PKN) 2017 pada Oktober sampai November nanti, berbagai persiapan dan aktivitas terus dilakukan oleh Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Ikopin (PIBI), antara lain sharing penjurian dan sosialisasi acara kepada masyarakat luas.

Sharing penjurian menghadirkan Dwi Purnomo, penggerak kewirausahaan tingkat nasional tahun 2015. Dia pernah menjadi juri wirausaha muda mandiri dan juri Astra Start-up Challenge. Tak lupa juga PIBI mengundang pihak pemerintah yang dihadiri oleh Asisten Deputi Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Budi Mustopo. Pada tahap ini, PIBI akan menjajaki kerja sama dengan beberapa media partner, mengadakan workshop “Menggali Ide Bisnis” sekaligus melakukan konferensi pers pelaksanaan PKN.

Selanjutnya PIBI akan menjaring dan mendorong para peserta lomba Penyusunan Business Plan dan Resensi Buku melalui beberapa media cetak, termasuk media sosial. Proposal yang diajukan para peserta lomba business plan diarahkan untuk menggunakan business model Canvas, memuat kandungan lokal dan berdampak positif pada lingkungan – yang diharapkan akan bermuara pada tumbuh kembangnya koperasi.

Business model Canvas sendiri adalah sebuah strategi dalam manajemen berupa visual chart yang terdiri dari 9 elemen, yaitu customer segment (segmentasi konsumen), value proposition (proposi nilai konsumen), channels (saluran), customer relationship (hubungan konsumen), revenue streams (sumber pendapatan), key resources (sumber daya), key activities (aktivitas yang dijalankan), key partnership (kerjasama) dan cost structure (struktur biaya). (ff)

0 responses on "Bersiap Menyambut Pekan Kewirausahaan Nasional 2017"

Leave a Message

Your email address will not be published.

top
Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Ikopin © 2022
X