Restrukturisasi – Cara UMKM Menghadapi Pandemi

Bandung, Mei 2020. Seiring masuknya virus Covid-19 ke Indonesia bukan hanya berdampak pada sektor kesehatan tapi juga berimbas pada sektor ekonomi. Tak terkecuali sektor usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) yang mencapai 99,9% dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia (data Kementerian KUKM tahun 2018).

Pusat Inkubator Bisnis Ikopin dan Kewirausahaan Ikopin (PIBI IKOPIN) sebagai Lembaga yang  memfasilitasi perkembangan UMKM merasa perlu untuk berbagi pengalaman restrukturisasi UMKM – dalam menghadapi wabah Covid 19. Untuk itulah PIBI Ikopin mengadakan webinar Restrukrisasi Bisnis UMKM Pasca Covid-19. Acara ini mendapat dukungan dari berbagai pihak – bukan hanya dari pimpinan Ikopin tapi juga dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat, PT. Sriboga Bakries, para tenant PIBI Ikopin dan mitra-mitra PIBI lainnya.

Webinar ini berlangsung Jumat (29/5) melalui Zoom meeting yang dihadiri oleh lebih dari 600 orang dari kalangan akademisi, praktisi pendidikan dan pelaku UKM. Peserta datang dari 29 propinsi di Indonesia bahkan dari luar negeri, seperti Belanda, Filipina dan Malaysia.

Webinar yang dimoderatori oleh Direktur PIBI IKOPIN Indra Fahmi dan dibuka oleh Rektor Ikopin Burhanudin Abdullah, menghadirkan beberapa nara sumber yang kompeten di bidangnya. Mereka adalah keynote speaker Deputi Bidang Restrukturisasi & Usaha Kementerian Koperasi & UKM Eddy Satria, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto dan Direktur Sriboga Bakries Integra Dudut Prasetyo.

Saat ini pemerintah telah meluncurkan beberapa program bagi keberlangsungan KUKM yang terdampak pandemic Covid 19, di antaranya: 5 Skema Perlindungan dan Pemulihan KUKM, Penanganan Dampak Ekonomi KUKM di Masa dan Pasca Pandemi Covid 19, Belanja di Warung Tetangga dan UMKM Digital. (ff)

0 responses on "Restrukturisasi – Cara UMKM Menghadapi Pandemi"

Leave a Message

Your email address will not be published.

top
Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Ikopin © 2022
X