Wajah Koperasi: Kini dan Nanti

Bandung, Juli 2020. Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Ikopin (PIBI IKOPIN) menyelenggarakan webinar dengan tema “Koperasi Masa Kini, Koperasi Masa Depan – Bersama Sahabat Ikopin Sahabat Koperasi pada Rabu (22/7). Acara ini dimulai dengan pengantar oleh Direktur PIBI Indra Fahmi dan dibuka secara resmi oleh Rektor Ikopin Burhanuddin Abdullah.

Para pembicaranya adalah keynote speaker Sodiq Mudjahid (anggota DPR RI yang juga mantan sekretaris LPPM Ikopin), Suwandi (dosen Universitas Bakrie), Prasetyo B.S (Dosen SBM ITB dan mantan Kepala Jurusan FMP Ikopin), Slamet Riyadi Bisri (Koperasi Jasa Keahlian Teknosa dan mantan dosen Ikopin) dan dimoderatori oleh Ery Supriyadi (dosen Ikopin). Semuanya adalah orang-orang yang sudah lama malang melintang di dunia perkoperasian.

Salah satu hal yang menarik dari paparan pembicara adalah mengibaratkan membangun koperasi seperti mengayuh sepeda. Koperasi harus mengarah pada kemandirian – diibaratkan menaiki sepeda roda dua – bukan terus-terusan menggantungkan bantuan material dari pemerintah atau pihak lain, bagaikan menaiki sepeda roda tiga atau roda empat.

Koperasi masa depan ada di tangan para wirausaha koperasi (co-operative entrepreneurs)  yang terdiri dari para anggota, manajer, birokrat dan fasilitator. Sinergi antar mereka adalah gerakan koperasi yang sesungguhnya. Apalagi bila ditunjang peran teknologi yang berkembang pesat – khususnya komunikasi digital – perkembangan koperasi pun diramalkan akan berkembang  signifikan. Masa krisis seperti pandemi Covid 19 pun dapat menjadi lahan subur dan kondusif bagi tumbuhnya koperasi sebagai solusi ekonomi rakyat.

Selain itu, diperkenalkan juga gerakan koperasi platform (platform cooperativism) yaitu platform digital yang dimiliki oleh para pemangku kepentingan. Koperasi platform adalah bentuk pemanfaatan peluang menggunakan teknologi informasi untuk meraih kemakmuran bersama yang lebih adil.

0 responses on "Wajah Koperasi: Kini dan Nanti"

Leave a Message

Your email address will not be published.

top
Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Ikopin © 2022
X